Cara menginstal windows8

Jika sudah siap, langsung saja simak langkah-langkah cara install Windows 8 (clean install) berikut ini:
1. Pertama, aturlah BIOS Anda agar booting dari CD/DVD jika Anda menggunakan DVD. Namun, jika menggunakan flashdisk, atur BIOS agar boot dari Flashdisk.
2. Jika Anda booting dari CD/DVD, maka Anda akan melihat tulisan Press any key to boot from CD or DVD. Tekan tombol apa saja pada keyboar Anda. Namun, jika Anda menggunakan Flashdisk, Anda tidak akan melihat tulisan tersebut.

3. Setelah komputer memulai booting dari DVD atau Flashdisk, setup Windows 8 akan mulai berjalan dan Anda akan melihat layah hitam yang berisi gambar logo Windows 8. Tunggu beberapa saat.

Klik gambar untuk memperbesar
4. Selanjutnya, jendela Windows 8 setup akan muncul dan Anda diminta untuk memilih Bahasa (Language to install), Format Waktu dan mata uang (Time and currency format), dan Keyboard (Keyboard or input method). Setelah Anda membuat pilihan pada pengtuaran tersebut dan klik Next untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

Klik gambar untuk memperbesar
5. Di jendela berikutnya, klik tombol Install Now untuk melanjutkna ke proses install Windows 8.

Klik gambar untuk memperbesar
6. Selanjutnya, masukkan product key (key Windows 8 Anda) pada input yang tersedia agar Anda bisa melanjutkan ke tahap berikutnya. Apabila product key yang Anda masukkan benar, maka tombol Next akan aktif (bisa diklik). Namun, jika key salah tombol Next tidak akan aktif (tidak bisa diklik). Jika sudah benar, klik Next untuk melanjutkan.

Klik gambar untuk memperbesar
7. Pada jendela penjanjian lisensi (license terms) yang muncul, berikan tanda centang (rumput) pada I accept the license terms dan klik Next.

Klik gambar untuk memperbesar
8. Di jendela selanjutnya pilih tipe instalasi yaitu Upgrade atau Custom. Jika Anda ingin clean install klik pada Custom: Install Windows Only (Advanced).

Klik gambar untuk memperbesar
9. Langkah berikutnya adalah memilih atau menentukan partisi untuk Windows 8. Tahap ini adalah tahap yang cukup penting apabila harddisk Anda sudah terpatisi menjadi beberapa partisi dan berisi file-file penting. Kesalahan memilih partisi bisa menyebabkan file-file pada partisi akan hilang. Namun, jika Anda telah membackup partisi yang akan digunakan atau menggunakan harddsik baru, tidak usah takut langkah ini cukup mudah.
Pada artikel ini saya menganggap Anda menggunakan harddsik yang masih kosong atau baru. Untuk pada jendela ini klik tulisan Drive options (advanced) yang ada di bagian bawah (lihat gambar). Berikutnya akan muncul beberapa tombol baru.

Klik gambar untuk memperbesar
10. Selanjutnya, klik tulisan New (lihat tanda panah di gambar). Kemudia akan muncul kotak input Size (lihat kotak merah di gambar) di bawah tulisan new tadi. Pada iput tersebut, masukkan ukuran partisi (dalam satuan MB) yang akan Anda gunakan untuk instalasi Windows 8. Misalnya saya akan menggunakan sekitar 50 GB untuk partisi Windows, jadi saya ketik 50000 MB. Jika sudah klik tombol Apply yang ada disebelahnya.

Klik gambar untuk memperbesar
11. Sebuah jendela dialog akan muncul yang memberitahukan bahwa Windows akan membuat 1 partisi tambahan lagi untuk file system, klik OK untuk melanjutkan.

12. Selanjutnya Anda akan melihat 2 atau 3 partisi pada jendela setup. Jika Anda menggunakan seluruh kapasitas harddisk untuk menginstall Windows 8, maka Anda akan melihat 2 partisi yaitu: Drive 0 Partition 1: System Reserved dan Drive 0 Partition 2. Jika Anda tidak menggunakan semuanya maka akan ada 3 partisi yaitu: Drive 0 Partition 1: System Reserved, Drive 0 Partition 2 dan Unallocated Space.

Klik gambar untuk memperbesar

Klik pada Drive 0 Partition 2 untuk memilih partisi tersebut sebagai lokasi instalasi Windows 8 nantinya. Anda juga melakukan format pada partisi tersebut sebelum melangkah ke tahap selanjutnya. Untuk itu klik tulisan Format yang Anda di bawahnya.
13. Seteah Anda mengklik tombol Format akan muncl sebuah jendela pemberitahuan, klik tombol OK untuk melanjutkan.

14. Kini proses partisi telah selesai dan Anda siap untuk menajutkan ke langkah berikutnya. Pastikan Partition 2 masih terpilih kemudian klik tombol Next.
15. Sekarang proses install Windows 8 akan segera dimulai. Tunggu beberapa menit agar proses ini selesai. Setelah proses ini selesai komputer Anda juga akan melakukan restart.

Klik gambar untuk memperbesar
16. Jika setelah restart muncul tulisan Press any key to boot from CD or DVD seperti di gambar pada langkah 2 diatas, jangan tekan tombol keyboard yang manapun karena kita akan boot ke Windows 8 yang sudah terinstall ke komputer.
17. Setelah proses restart akan muncul beberapa tulisan lagi. Tunggu beberapa saat hingga muncul jendela Personalize seperti gambar di bawah.

Klik gambar untuk memperbesar

Di jendela ini (lihat gambar diatas) Anda mesti mengatur beberapa pengaturan lagi sebelum Windows 8 bisa digunakan. Pengaturan yang pertama Anda lakukan adalah memilih color scheme (skema warna) dari Windows 8. Pilih skema warna yang Anda sukai dengan mengklik pada salah satu warna. Jika sudah, berikan nama dari komputer Anda pada input PC Name. Perlu Anda ketahui, kedua pengaturan ini bisa Anda ubah kapan pun. Jika sudah klik Next untuk ke pengaturan selanjutnya.
18. Selanjutnya Anda diberikan pilihan antara Express Settings atau Customize Settings. Dengan memilih Use express settings, Windows 8 Anda akan diatur menggunakan pengaturan dari Microsoft. Semua fungsi yang dianggap penting oleh Windows akan dihidupkan secara otomatis. Misalnya, Windows Update, network sharing, dll. Jadi Anda tidak perlu lagi melakukan beberapa pengaturan. Anda hanya perlu memberikan Username untuk account Anda saja. Pengaturan ini saya anjurkan kepada Anda yang kurang yakin dengan pengaturan apa yang mesti Anda lakukan nantinya. Sebagai catatan, Anda bisa mengatur kembali setting setelah Windows 8 terinstall.

Klik gambar untuk memperbesar

Sedangkan jika Anda memilih Customize, Anda perlu mengatur sendiri setting komputer Anda. Anda lebih bebas menentukan fungsi apa yang perlu dihidupkan ataupun yang tidak. Bagi Anda yang kurang yakin dengan pengaturan Windows saya sarankan untuk tidak memilih opsi ini.
Agar konfugari lebih mudah, klik tombol Use express settings yang ada di bagian bawah.
19. Di jendela berikutnya, Anda akan diberikan pilihan bagaimana cara Anda nantinya untuk logon ke komputer. Pertama Anda akan diminta menggunakan Akun Microsoft (Microsoft Account) untuk login ke PC. Keuntungan menggunakan Akun Microsoft adalah Anda dapat mendownload aplikasi dari Windows Store, mengsinkronisasi PC secara online, dll. Jika Anda ingin menggunakan Akun Microsoft, komputer Anda mesti terkoneksi ke internet dan Anda diminta masukkan email pada input email yang ada di layar. Namun, jika Anda tidak terkoneksi ke internet atau tidak ingin menggunakan Microsoft Account, klik pada tulisan Sign in without a Microsoft account

Klik gambar untuk memperbesar
20. Jika Anda memilih tidak menggunakan Akun Microsoft, Anda diminta untuk memasukkan Usename, Password (sebanyak 2 kali) dan Password Hint. Username dan password ini nantinya akan Anda gunakan untuk masuk ke Windows. Catatan: Password dan Password bisa dikosongkan jika hanya Anda yang akan menggunakan komputer. Apabila sudah selesai, klik Finish untuk melanjutkan.

Klik gambar untuk memperbesar
21. Windows 8 akan mulai mempersiapan komputer Anda. Proses ini sedikit membutuhkan Waktu. Tunggu beberapa saat.

Klik gambar untuk memperbesar
22. Anda juga akan melihat tutorial cara mengakses Charm Bar Windows. Charm Bar ini merupakan sesuatu yang baru di Windows 8 dan fungsinya sangat penting. Anda dapat mengaksesnya dengan menggerakkan cursor ke sudut layar.

Klik gambar untuk memperbesar
23. Setelah setup selesai mempersiapkan komputer atau proses instalasi selesai, maka Anda akan melihat tampilan jendela Start Windows 8 yang berbeda dari versi Windows sebelumnya.

Klik gambar untuk memperbesar
Instalasi Windows 8 sudah selesai sampai disini. Anda sudah bisa memulai menggunakannya ataupun menginstall aplikasi-aplikasi tambahan untuk menunjang kebutuhan Anda sehari-hari, misalnya aplikasi Office, program pemutar audio dan video, dan lain-lain.
Demikian cara install Windows 8 lengkap dengan gambar pada setiap langkahnya. Semoga bisa membantu Anda yang ingin menginstall Windows 8 Anda sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s