cara menginstal windowsXP

xp
Windows XP adalah salah satu sistem operasi Windows yang paling bagus dan paling tangguh sepanjang sejarah Windows (menurut saya) karena Windows XP tidak membutuhkan spesifikasi komputer yang terlalu tinggi sehingga bisa diinstal dikomputer model lama. Nah, bagi sobat yang ingin menginstal Windows XP, tapi belum paham caranya, silahkan ikuti tutorial berikut, baca petunjuk dan perhatikan gambarnya dengan baik-baik sehingga tidak ada yang terlewatkan dan Anda tidak mengalami kesulitan.

Spesifikasi minimum hardware yang dibutuhkan:
o Prosesor Pentium 1.5 Ghz/AMD yang setara
o CDROM/DVDROM drive
o RAM 128 MB

1. Sebelumnya Anda membutuhkan CD Installer Windows XP terlebih dahulu kemudian masukkan ke dalam CDROM/DVDROM, lalu restart komputer. Ketika muncul tampilan POST seperti pada gambar, masuklah ke BIOS dengan menekan tombol Del, atau F2, tergantung pada BIOS komputer Anda. Jika bingung dengan BIOSnya, perhatikan pada saat pertamakali komputer dihidupkan, biasanya ada teks yang menunjukkan tombol yang digunakan untuk masuk ke BIOS. Pada gambar contohnya adalah tombol DEL.
1

2. Setelah masuk ke BIOS kemudian pilih menu Boot pada menu dan pilih item Boot Device Priority seperti pada gambar. Jika tampilan berikut ini tidak sama dengan tampilan BIOS Anda, silahkan cari menu Boot Priority atau sejenisnya pada BIOS.
2

3. Setelah itu ubah [CDROM] pada posisi 1st Boot Device untuk boot melalui CDROM dengan menggunakan tombol + atau – di keyboard. Lalu tekan F10 untuk menyimpan konfigurasinya.
3

4. Restart komputer tunggu hingga muncul tulisan “Press any key to boot from CD….” lalu tekan sembarang tombol dengan cepat.
5. Tunggu hingga loading file-file Windows selesai, lalu muncul jendela pilihan instalasi. Tekan ENTER untuk memulai proses penginstalan.
6. Lanjut pada Lisencing Agreement tekan F8 untuk lanjut.
6

7. Selanjutnya masuk pada tahap pembuatan partisi. PERHATIAN!!! Jika Anda ingin menginstal Windows XP pada harddisk yang sudah memiliki dua partisi sebelumnya yaitu C: dan D:, dan tidak ingin menghapus partisi D:, maka arahkan pointer ke partisi C dan tekan Enter, lanjutkan langsung ke tahap nomor 10. Tetapi jika Anda ingin menghapus semua isi harddisk dan ingin mempartisi ulang harddisk, maka hapus semua partisi dengan menekan tombol L, lalu ENTER, sehingga hasilnya berupa partisi kosong seperti pada gambar dibawah ini. Tekan C untuk membuat partisi baru.
7

8. Lalu masukan berapa besar kapasitas partisi C: (tempat Windows XP akan diinstal) dalam satuan MB, jadi 1000 berarti 1 GB. Tekan ENTER untuk membuat partisi. Selanjutnya jika masih ada partisi yang tersisa, buat lagi partisi baru sebesar sisa partisinya, nantinya partisi ini akan menjadi partisi D: yang biasanya digunakan untuk menyimpan data.
8

9. Kemudian arahkan pointer ke Partisi C: dan tekan ENTER untuk menginstal Windows XP.
9

10. Dan pilih NTFS file system (Quick) atau FAT file system (Quick) lalu tekan Enter. Proses penyalinan (copy) file-file Windows akan berjalan, tunggu hingga selesai dan komputer merestart dengan sendirinya. INGAT !!! Ketika komputer restart, dan muncul tulisan Press any key to boot from CD…, jangan tekan tombol apapun. Biarkan saja hingga masuk ke logo loading Windows.
10

11. Bila proses instalasi langkah 1 → 10 benar maka akan tampil proses intalasi tahap ke II seperti gambar.
11

12. Lalu muncul jendela instalasi yang baru. Pada settingan Regional and Languaage Options, klik Next.
12

13. Lalu isikan dengan Nama dan Organisasi terserah Anda, klik Next.
13

14. Kemudian masukkan Product Key atau Serial Number Windows yang tertera pada cover CD Master Windows XP yang digunakan untuk menginstal. Jika Anda tidak tahu Product Key nya, gunakan Product Key berikut ini : XP8BF-F8HPF-PY6BX-K24PJ-TWT6M. Lalu klik Next lagi.
14

15. Isikan nama komputer dan password (password bisa dikosongkan jika Anda tidak ingin menggunakan password) lalu tekan Next.
15

16. Set Time Zone pada posisi (GMT+07:00) klik Next.
16

17. Typical settings: Pada option ini settingan jaringan akan dibuat default, lalu klik Next.
17

18. Klik Next lagi.
18

19. Selanjutnya tinggal klik Ok, Next, Skip dan Finish pada jendela yang tampil berikutnya. Jika ada pilihan Ask Me Later dan Not Right Now, pilih pilihan yang paling bawah, dan jika ada jendela yang meminta menghubungkan ke jaringan, klik SKIP. Jika semua langkah-langkahnya sudah benar, maka akan tampil desktop Windows seperti pada gambar di bawah ini.
19

20. Sampai disini proses instal Windows XP sudah selesai, selanjutnya Anda tinggal menginstal driver dan software-software yang diperlukan.

Sumber: http://blog.tekno94.com/2013/02/cara-instal-windows-xp-lengkap-dengan.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s